KATA PENGANTAR

Pembangunan Nasional pada hakekatnya ditujukan kepada manusia Indonesia seutuhnya dan Masyarakat Indonesia pada umumnya. Dalam hubungan itu penyandang cacat /pasien penderita gangguan jiwa juga pasien-pasien eks,penyalahguna Napza sebagai salah satu satunya masyarakat yang mempunyai kedududkan hak, kewajiban, dan peran yang sama dengan masyarakat Indonesia lainnya di segala aspek kehidupan dan penghidupan.

Untuk mewujudkan kesamaan kedudukan hak , kewajiban dan peran parapenyandang diatas, diperlukan upaya-upaya yang terencana, terarah dan terpadu, sehingga penyandang cacat/penderita gangguan jiwa dan eks, penyalahguna Napza mencapai kemandirian dengan tarap kesejahteraan sosial yang setinggi tingginya.

MENGENAL BUMI KAHEMAN

Rumah Rehabilitasi ini di dirikan semata- mata sebagai Rumah Rehabilitasi Mental untuk menolong masyarakat / klien yang mengalami gangguan jiwa dan eks, penyalahgunaan Napza, melalui proses terencana dan bertahap sehingga klien dapat kembali kemasyarakat, kekambuhan berkurang, dan dapat hidup mandiri dan produktif.

Pelayanan yang diberikan dilakukan oleh tenaga-tenaga professional (Psikiater, Perawat Jiwa, Pekerja Sosial, DLL) yang telah berpengalaman dengan pendekatan Bio-Psiko-sosialspiritusl.

SEJARAH SINGKAT / LATAR BELAKANG

Prevaleansi gangguan jiwa masyarakat dewasa ini meningkat yaitu 7.5 % (SKMRT 1995), dan 11.6 % (Riskerdas 2007)/ Angka- angka ini bervariasi menurut daerah, bahkan di Jawa Barat, prevaleansi gangguan jiwa merupakan yang tertinggi di Indonesia (20,2%).

Derajat kesehatan jiwa masyarakat dini laimordibitas (angka kejadin gangguan jiwa ), Seperti angka Skizofrenia (0,2 – 2 %) dan Depresi (10-15 %) dan disabilitas ( hari-hari produksi yang hilang akibat menderita gangguan jiwa tertentu ) yang biasa dinyatakan dengan DALYs. Hari produktif yang hilang ini menyebabkan gangguan jiwa menjadi burden Disease. Penelitian WHO tahun 2001 menunjukan bahwa masalah kesehatan jiwa berkontribusi 12% dari Global Burden Of Disease, lebih tinggi dari penyakit- penyakit lain.

Kemajuan ilmu dan teknologi di bidang kedokteran dan kesehatan dewasa ini telah memberikan harapan untuk meningkatkan kualitas hidup dan produktifitas. Untuk memenuhi harapan tersebut perlu dilakukan upaya pemulihan atau rehabilitas melalui sarana rehabilitasi mental, yang merupakan tempat untuk melatih atau mendidik seseorang yang terkena gangguan jiwa yang pada akhirnya akan menciptakan kemandirian dan kesejahteraan dirinya.


Mengapa Anda Harus Memilih Kami ?

Sasaran Pelayanan disediakan dengan daya tampung 20 orang untuk :
Landasan Kegiatan :
Landasan Konstitusional : Landasan Operasional : FASILITAS : JENIS PELAYANAN: TARIF PELAYANAN : Dokter Psikiater : KONTAK PERSON : TRANSFER :


a/n Richard Edison.
No. Rekening, 2800-952-94-1


a/n Richard Edison.
No. Rekening, 0988-01-033157-53-7

LAYANAN JEMPUTAN :

Ade (081220142700 / 022- 88885712 )